Home » , » Dilema Siswa Mengendarai Sepeda Motor ke Sekolah

Dilema Siswa Mengendarai Sepeda Motor ke Sekolah

Belawa. Siswa mengendarai sepeda motor adalah sebuah hal yang sangat dilematis. Satu sisi pastinya melanggar aturan perundangan Lalu Lintas, karena dipastikan para siswa SMP belum cukup umur mendapatkan SIM (Surat Izin Mengemudi). Namun sisi lain, jarak rumah sebagian siswa ke sekolah yang bervariasi, ada yang jauh dan ada yang dekat. Khusus untuk siswa SMP 1 Belawa, hampir 70 % jarak rumah siswa di atas 3 kilometer. Artinya, jika jarak itu ditempu dengan berjalan kaki, bisa menghambat hal terkait dengan proses belajar mereka.

Pasca kecelakaan yang dialami Abdul Qadir Jaelani, bocah anak artis kondang Ahmad Dhani di Tol Jagorawi, masalah siswa mengendarai kendaraan bermotor menjadi populer di media. Sebagian daerah menganggap, siswa mengendarai sepeda motor tidak diperbolehkan, apapun alasan dan kondisi siswa di daerah itu. Tapi di beberapa daerah, siswa mengendarai sepeda motor adalah hal yang butuh kebijaksanaan saja. Siswa mengendarai sepeda motor, tidak bisa dilihat dalam kaca mata hukum, karena kondisi beberapa daerah tidak memungkinkan.

Khusus untuk siswa SMP Negeri 1 Belawa terkait siswa mengendarai sepeda motor selalu menjadi bahasan setiap pertemuan antara pihak sekolah dan orang tua. Beberapa kebijakan terkait telah dikeluarkan, kesemuanya mengacu pada keselamatan siswa sebagai pengendara. Pernah diusulkan pelarangan dan mendapat sanggahan dari orang tua. "Motor bagi anak saya, satu-satunya motivasi agar dia bisa sekolah." Teriak seorang ibu dalam rapat.

Aparat kepolisian setempat pun pernah mengatakan, bahwa siswa mengendarai sepeda motor bukan diijinkan tapi hanyalah kebijakan. Ada warning tersirat dari ungkapan itu. Sepertinya, aparat juga menyadari, ada benturan kepentingan dari peraturan ini, melihat kondisi geografis berbagai daerah di Indonesia bervariasi. Semoga, tidak terjadi hal yang tidak dinginkan, sehingga hal ini tetap tidak dipandang dalam kaca mata hukum.

Share this article :

Poskan Komentar

 
Modified : Celoteh Guru
Copyright © 2011. SMPN I Belawa Kab. Wajo - All Rights Reserved
Web Created by Mushlihin Published by #RM
Proudly powered by Blogger