Home » , » Penelitian Tindakan Sekolah Tentang Perpustakaan

Penelitian Tindakan Sekolah Tentang Perpustakaan

Perpustakaan merupakan bagian integral dari lembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan bahan pustaka, baik berupa buku maupun bukan buku.
Sesuai dengan judul penelitian ini, maka pembahasan meliputi deskripsi perpustakaan sekolah (SMP Negeri I Belawa), fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan  pendidikan di SMP Negeri I Belawa, dan upaya bimbingan teknis untuk peningkatan mutu pengelolaan.
Deskripsi Perpustakaan SMP Negeri I Belawa
SMP Negeri I Belawa adalah sekolah menengah pertama yang terletak di ibukota kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. Setiap tahun memiliki perkembangan dari jumlah peserta didik yang mendaftar.Pada tahun 2008, SMP Negeri I Belawa ditetapkan sebagai sekolah menengah standar nasional (SSN). Dengan demikian SMP Negeri I Belawa dianggap telah memenuhi criteria Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang tentunya salah satu hal yang menjadi prasyarat adalah adanya perpustakaan sekolah.
Perpustakaan sekolah di SMP Negeri I Belawa bediri tahun 1994 dengan jumlah buku 6675 (sudah termasuk, artikel, katalog, majalah dan karya tulis ilmiah). Pengadaan buku berasal dari dana gratis, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sumbangan school grand, dan pemberian lain yang tidak mengikat.
Dalam satuan pendidikan terkait, perpustakaan SMP Negeri I Belawa melaksanakan tujuan dan perannya dalam membantu proses pendidikan tersebut melalui; pengembangan pendekatan inovatif untuk meningkatkan pemanfaatan bahan bacaan di perpustakaan sekolah, memotivasi siswa dan mereka yang terlibat pada kegiatan pendidikan/pengajaran untuk menggunakan, menikmati, serta menghargai buku sebagai bahan rekreasi dan sumber informasi, membantu siswa dalam mengembangkan bakat, minat, dan kegemarannya. Hal ini terbukti dari catatan daftar hadir peserta didik tiap harinya berkisar rata-rata 85%. Angka ini tentunya menunjukkan minat baca peserta didik yang perlu dipertahankan seiring dengan berkembang pesatnya perolehan pengetahuan. 

By. Sitti Najmah, S.Pd., M.Si.®

(Pesan PTS) di Sini
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Anonim
26/10/11 00.51

aku suka tulisan ini, jarang-jarang ada penelitian tentang perpustakaan, apalagi pnelitian tindakan sekolah...

coachsatria@yahoo.co.id
28/06/12 13.12

bagaimana cara pemusnahan buku yg kurikulumnya sudah tidak berlaku lagi..tankz bu'

Poskan Komentar

 
Modified : Celoteh Guru
Copyright © 2011. SMPN I Belawa Kab. Wajo - All Rights Reserved
Web Created by Mushlihin Published by #RM
Proudly powered by Blogger