Home » » Cerita tentang Zuhud; Andi Mujdamulya

Cerita tentang Zuhud; Andi Mujdamulya

Andi Mujdamulya (7912) 
Ada seorang pemuda bernama Aldy. Dia adalah anak seorang penjual pakaian yang hidup pas-pasan. Orang tuanya selalu berkeinginan melihat anak-ankanya menjadi kaya raya. Aldy adalah pemuda yang kesehariannya bekerja menjadi guru honor pada salah satu Madrasah Aliyah di kampungnya.
Suatu hari orang tuanya mengambil keputusan untuk menjodohkan aldy dengan Melly saudara sepupunya dan seorang wanita kaya raya. Aldy dijodohkan oleh orang tuanya, karena keinginan menggebu-gebu dan harapan besar bahwa dengan menikahi Melly, Aldy pasti akan menjadi orang yang kaya raya pula.
Aldy menolak keputusan ayahnya itu, dan mengatakan bahwa dia tidak setuju menikah hanya alasan harta, “cukuplah harta yang berkah yang kita nikmati sekarang”, tandasnya. Orang tua Aldy memaksa, “saya akan menikah dengan Melly seandainya menikahinya bukan karean merasa kita tidak cukup dengan harta yang kita miliki hari ini”, tangkis Aldy lagi.
Orang tua Aldy pun mengalah. Dan menjodohkan adik Aldy dengan Melly.
Beberapa tahun kemudian, Aldy berhasil terangkat menjadi pegawai negeri sipil sesuai pengabdiannya beberapa tahun sebagai tenaga guru.
Aldy pun menikahi Zahra, seorang wanita yang salehah, dan taat beribdah kepada Allah, meskipun kehidupan materinya sederhana bahkan tergolong miskin. Aldy dan keluarganya hidup bahagia dengan harta yang berkah dimiliki.
Melly yang dijodohkan dengan adik Aldy, secara kebetulan diceraikan, alasannya Melly terlalu banyak menyuruh bekerja suaminya, karena hartanya dia angkuh dan sombong kepada semua orang termasuk suaminya. Adik Aldy menyesal menikah dengan Melly, wanita yang tidak zuhud, tidak pernah merasa cukup terhadap apa yang dimiliki.
Materi semakin sikejar akan semakin jauh. Siapkan saja tempat materi itu. Dan biarkan Tuhan yang menentukannya. Apa tempat materi itu??

*Cerita ini dibuat sebagai tugas dalam rangka evaluasi pemahaman peserta didik tentang materi Perilaku Terpuji/Zuhud dan Tawakkal, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII.

®SMPN I Belawa
Share this article :

Poskan Komentar

 
Modified : Celoteh Guru
Copyright © 2011. SMPN I Belawa Kab. Wajo - All Rights Reserved
Web Created by Mushlihin Published by #RM
Proudly powered by Blogger